Puasa Sunnah Syawal Berapa Hari? Berikut Penjelasan Keutamaan, Niat, serta Batas Waktunya - Hai, Assalamu'alaikum Readers

Minggu, 16 April 2023

Puasa Sunnah Syawal Berapa Hari? Berikut Penjelasan Keutamaan, Niat, serta Batas Waktunya

 


ASSALAMU’ALAIKUM! Puasa sunnah Syawal berapa hari sih? berikut penjelasan tentang puasa Syawal, niat serta keutamaan yang akan didapat ketika melaksanakan puasa sunnah di bulan Syawal.

 

Setelah menunaikan puasa wajib selama di bulan suci Ramadhan, kita akan menyambut hari kemenangan di bulan Syawal. Perlu Sobat Lia ketahui, setelah satu bulan puasa penuh melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim, ternyata ada puasa sunnah di bulan Syawal yang ternyata memiliki pahala yang sangat besar.

 

Keutamaan Puasa Syawal

Puasa Syawal merupakan salah satu amalan yang dapat dikerjakan oleh Sobat Lia karena memiliki keutamaan yang sangat berlipat ganda.

 

Ibnu Rajab Al Hanbali pernah mengemukakan di dalam kitab Latha’if al Ma’ani tentang puasa sunnah ini. Bila seorang muslim mengerjakan puasa di bulan Syawal usai menunaikan puasa Ramadhan, maka akan disempurnakan ganjaran puasanya selama satu tahun penuh.

 

Tak hanya itu, Rasulullah SAW juga bersabda tentang keutamaan yang akan didapat oleh seorang muslim ketika menjalankan puasa sunnah ini. Diriwayatkan oleh Abu Ayu Al Ashari, Nabi Muhammad pernah bersabda:

Barang siapa yang berpuasa Ramadhan, lalu dilanjutkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka itu setara dengan puasa sepanjang tahun.

 

Selain menegaskan keutamaan puasa sunnah Syawal, hadist tersebut juga menjelaskan bahwa Rasulullah menganjurkan, puasa sunnah syawal berapa hari? sebaiknya melakukannya selama 6 hari.

 

Batas Waktu Puasa Sunnah Syawal

Puasa Syawal ini ternyata memiliki batas waktu untuk menunaikannya. Tidak seperti puasa sunnah lainnya yang dapat dikerjakan kapan saja, puasa sunnah ini dapat dilakukan sejak tanggal 2 Syawal hingga di akhir bulan Syawal atau di tanggal 29 bulan Syawal.

 

Jadi, puasa Syawal dapat dilakukan kapan saja asal menunaikannya di bulan Syawal dan dilaksanakan selama 6 hari berturut-turut. Namun, setelah bulan Syawal habis, maka Sobat Lia tak dapat melaksanakan puasa sunnah ini.

 

Bacaan Niat Puasa Syawal

Sama seperti puasa-puasa lainnya. Puasa sunnah Syawal memiliki niat sendiri ketika Sobat Lia hendak melaksanakan puasa ini. Adapun bacaan niat puasa Syawal ialah sebagai berikut:

 

Nawaitu shauma ghodin ‘an sittatin min syawwaalin sunnatan lillaahi ta’alaa.

Artinya, Aku niat berpuasa esok hari dari enam hari Syawal sunnah karena Allah Ta’alaa.

 

Namun, perlu diingat terlebih dahulu. Bila Sobat Lia hendak menunaikan puasa sunnah ini, harus menunaikan kewajiban membayar puasa di bulan Ramadhan terlebih dahulu.

 

Maksudnya, bila ada hutang atau secara terpaksa meninggalkan puasa wajib di bulan Ramadhan, ada baiknya untuk melakukan puasa qadha terlebih dahulu. Kemudian, melanjutkannya dengan puasa sunnah di bulan Syawal.

 

Demikianlah penjelasan puasa sunnah Syawal berapa hari? jawabannya ialah 6 hari. Serta ulasan tentang keutamaan, batas waktu serta bacaan niat dari puasa sunnah tersebut. Semoga bermanfaat.***


(by.Ami)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar