Jumat, 27 Januari 2023

Jenis-jenis Cerita Fiksi Itu Apa Aja Sih? Cari Tau Disini Yuk!

 

cr. pexels.com/jenis-jenis cerita fiksi

ASSALAMU’ALAIKUM! Sebagai Sobat Lia, kalian pasti sangat gemar memiliki hobi membaca khususnya cerita-cerita fiksi seperti novel karya author Lia Reza Vahlefi. Namun, apakah Sobat Lia tahu apa saja jenis-jenis cerita fiksi selain novel? yuk, cari tahu disini!


Sebagai fans dari cerita-cerita fiksi, tentu yang kita ketahui tentang fiksi ialah sebuah karya cerita yang tidak nyata. Pengertian tersebut memang benar adanya. Bahkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian dari fiksi itu sendiri ialah khayalan ataupun rekaan.


Meskipun cerita fiksi hanyalah rekaan semata, namun seorang penulis tidak bisa membuat cerita tersebut secara asal dan sesuka hatinya. Karena itulah, biasanya para pengarang mengambil beberapa kejadian-kejadian di dunia nyata, kemudian ditulis kembali dalam bentuk suatu cerita dengan gaya bahasa mereka sendiri.


Perlu Sobat Lia tahu, bahwa cerita fiksi itu tidak hanya berupa novel atau cerpen yang mengisahkan tentang cerita-cerita roman yang dramatis saja lho. Ternyata, cerita fiksi itu memiliki berbagai macam jenis.


Melansir dari buku paket modul pembelajaran terbaru Kurikulum Merdeka, Bahasa Indonesia kelas 11 SMA, jenis-jenis cerita fiksi dapat dibedakan menjadi 15 macam. Namun, untuk pembahasan kali ini, kita akan mengulas 10 jenis cerita fiksi berikut penjelasannya di bawah ini. 

1. Novel atau Roman 

Untuk jenis yang satu ini, Sobat Lia pasti sudah akrab sekali ya. Arti dari novel itu sendiri ialah suatu cerita yang membentuk prosa dengan menyajikan beragam permasalahan yang ditulis secara kompleks dengan unsur-unsur yang lebih detail serta luas.


Adapun contoh dari novel itu sendiri dapat kita lihat dari beragam karya-karya dari author Lia Reza Vahlefi yang berhasil terbit, seperti Mencintaimu Dalam Diam, Stay With Me, hingga Because I Love You. 


2. Cerita Pendek atau Cerpen

Jenis-jenis cerita fiksi yang kedua ialah cerita pendek atau cerpen. Pengertian cerpen itu sendiri ialah suatu karya sastra yang ditulis secara ringkas, pendek serta jelas. Biasanya, jenis cerpen ini hanya terdiri dari 1000 kata, maksimal ialah 2000 kata.


Adapun contoh dari cerpen dapat kita lihat di karya-karya Hermawan Aksan yang berjudul Perempuan Bernama N, Cerpen karya Motinggo Busye berjudul Nasehat untuk Anaku, Veven Sp Wardhana yang berjudul Perempuan yang Keramas Sebelum Tidur, dll.

3. Fiksi Historis

Jenis selanjutnya ialah Fiksi Historis. Biasnaya cerita ini diangkat berdasarkan adanya fakta-fakta sejarah yang pernah terjadi. Pada penulisan cerita ini, sang pengarang biasanya melakukan riset atau penelitian terlebih dahulu sebelum menuliskan cerita karangannya.


Adapun contoh dari fiksi historis ini seperti, Bumi Manusia dan Tetralogi Buru karya Pramoedya Ananta Toer, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Buya Hamka, dll.

4. Fiksi Biografis

Cerita fiksi biografis ini hampir sama dengan fiksi historis. Para penulis dari certia ini biasanya mengambil sumber ceritanya berdasarkan fakta-fakta biografis. Adapun contoh dari cerita fiksi biografis ini seperti, Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat karya Cindy Adam, dll.


5. Dongeng

Dongeng merupakan sebuah cerita fiksi yang sungguh-sungguh tidak pernah terjadi. Selain itu, ceritanya juga memang tidak masuk akal. Oleh sebab itu, dongeng kerap dikatakan juga sebagai cerita-cerita rakyat yang memiliki tema-tema yang imajinatif, khayalan dan memang tidak pernah ada.


Mengapa dongeng dapat dikatakan sebagai cerita rakyat? sebab, dongeng biasanya diceritakan melalui lisan dimana pengarangnya pun tidak dapat dikenali. Selain itu, dongeng merupakan kisah turun temurun dari nenek moyang. Oleh karena itu, dongeng dapat digolongkan seabgai sastra-sastra lama yang telah ada sejak zaman dulu.


Dongeng ini memiliki beberapa jenis turunannya. Apa saja itu? Berikut jenis-jenis cerita fiksi berbentuk dongeng:

a. Fabel

Fabel merupakan cerita dongeng dimana tokoh utamanya berupa binatang yang dapat berbicara, serta memiliki perilaku yang hampir menyerupai manusia. Adapun contoh dari cerita fabel ini ialah, Burung Gagak yang Cerdik, Cerita si Kancil, dll.

 

b. Mite atau Mitos

Mitos atau mite merupakan jenis dongeng yang banyak dipengaruhi oleh kepercayaan-kepercayaan masyarakat yang kisahnya benar-benar tidak masuk di akal. Mite ini erat hubungannya dengan kisah-kisah makhlus halus, kisah dewa atau kisah-kisah gaib lainnya.


Contoh dari Mite ialah, kisah Nyi Roro Kidul si Ratu Pantai Selatan, Joko Tarub dan Dewi Nawang Wulan, dll.


c. Sage

Sage merupakan cerita dongeng dimana kisahnya banyak bercerita tentang cerita-cerita sejarah dari beberapa tokoh-tokoh tertentu yang memiliki budi pekerti yang luhur, kesaktian, keberanian hingga sikap pahlawan.


Biasanya, sage ini banyak mengandung unsur-unsur sejarah yang dicampur aduk dengan cerita rakyat. Contohnya seperti, Kisah si Pitung, Lutung Kasarung, Si Panji Laras, dll.


d. Legenda 

Legenda ialah cerita dongeng yang mengisahkan tentang kehidupan masyarakat yang dihubung-hubungkan dengan suatu peristiwa. Biasanya, kisah legenda ini menceritakan tentang asal usul dari suatu tempat, ataupun berdirinya nama dari suatu daerah.


Adapun contoh-contoh dari cerita Legenda ini cukup banyak, seperti kisah Gunung Tangkuban Perahu, kisah Danau Toba, Batu Menangis, kisah berdirinya Candi Prambanan, Asal-Usul kota Surabaya, dll. 


e. Jenaka

Kisah dongeng jenaka ini biasanya erat kaitannya tentang cerita-cerita lucu yang dimainkan oleh para tokoh-tokohnya. Contohnya seperti kisah si Kabayan, Singa Rewa dll.

 

f. Dongeng Biasa 

Jenis dongeng yang terakhir ialah dongeng biasa yang kerap dicertiakan secara umum. Biasanya dongeng seperti ini menceritakan kisah impian seseorang, ataupun kisah suka dan duka yang dihadapi oleh si tokoh.


Contoh dari dongeng biasanya ini cukup banyak sekali dan sering diceritakan hingga dibuat film seperti, kisah Bawang Putih dan Bawang Merah, kisah Ande-ande Lumut, dll.


Itulah jenis-jenis cerita fiksi yang patut diketahui oleh para Sobat Lia. Sudah tahu bukan kalau cerita fiksi bukan hanya sekedar novel saja? Bagi kalian yang penasaran karya-karya terbaru dari author kesayangan kita, silahkan berkunjung ke akun wattpad ini @liareza15 ya.***

(by.Ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar