Bagaimana Cara Mengetahui Tema Sebuah Novel? Yuk, Cari Tahu Disini! - Hai, Assalamu'alaikum Readers

Senin, 23 Januari 2023

Bagaimana Cara Mengetahui Tema Sebuah Novel? Yuk, Cari Tahu Disini!

(pexels.com/bagaimana cara mengetahui tema sebuah novel)

ASSALAMU’ALAIKUM! Saat membaca sebuah novel, tentu hal yang paling dicari ialah tema dari novel yang sedang kita baca. Lalu, bagaimana cara mengetahui tema sebuah novel yang sedang kita baca? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasan artikel ini sampai habis ya!


Seperti yang telah dijelaskan di artikel sebelumnya, sebagai seorang pembaca dan penikmat novel, kita harus mengetahui apa saja unsur-unsur intrinsik dari sebuah cerita yang sedang kita baca. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat memahami cerita apa yang sedang kita nikmati.


Salah satu unsur terpenting dalam sebuah novel ialah tema. Pengertian dari tema itu sendiri merupakan suatu gagasan utama yang harus dihidupkan dalam sebuah certita. Inti dari itu semua, tema dapat diartikan sebagai pondasi dalam sebuah cerita.


Tanpa tema, tidak akan ada yang namanya sebuah cerita. Oleh sebab itu, tema merupakan salah satu unsur paling penting bagi para penulis dalam membangun sebuah cerita. Selain itu, tema juga sangat penting diketahui oleh pembaca. Mengapa?


Sebab, dengan mengetahui tema cerita yang sedang diangkat, kita menjadi tahu inti dari keseluruhan dari cerita yang sedang kita baca. Selain itu, tema juga menjadi salah satu unsur terpenting bagi pembaca untuk memilah-milah cerita mana yang harus dibaca, dan cerita mana yang harus dihindari.


Lalu, bagaimana cara mengetahui tema sebuah novel? sebagai seorang pembaca, cara untuk mengetahui sebuah tema ialah dengan cara menyimpulan keseluruhan cerita. Jadi, kita dapat menemukan tema dari suatu cerita ketika kita telah selesai membaca cerita tersebut.


Akan tetapi, di zaman sekarang, untuk dapat menemukan bagaimana cara mengetahui tema sebuah novel, tidak harus selalu membaca keseluruhan cerita. Lalu, harus diukur dengan apa?


Itulah salah satu kegunaan dari blurb. Oleh sebab itu, blurb sangat penting dan selalu dimuat di semua buku, baik itu di buku fiksi ataupun nonfiksi. Selain digunakan sebagai media promosi untuk menarik para pembaca, blurb dibuat dengan tujuan untuk memberikan gambaran singkat dari suatu buku tanpa menceritakan atau memberitahu akhir dari buku tersebut.


Oleh sebab itu, dalam pembuatan cerita fiksi, blurb ini sangat penting untuk ditampilkan dan selalu diletakkan di sampul belakang buku untuk menarik para pembaca agar membeli buku tersebut. Sampai disini, sudah paham kan?


Nah, setelah kita tahu bagaimana cara mengetahui tema sebuah novel, mari kita coba tebak tema apa yang diangkat oleh penulis saat membuat novel Mencintaimu Dalam Diam untuk mengetes sejauh mana pemahaman Sobat Lia dalam memahami artikel ini. Selamat mencoba ya!***

(by.Ami)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar