Kamis, 09 Maret 2023

Ketahui 5 Amalan Wanita Haid saat Ramadhan yang Perlu Dilakukan


 

ASSALAMU’ALAIKUM! Apa saja amalan wanita haid saat Ramadhan tiba? perlu Sobat Lia ketahui, bahwa setiap wanita produktif tidak akan bisa menjalankan puasa satu bulan full pada bulan suci. Lalu, saat sedang kedatangan ‘Tamu Bulanan’ apa yang perlu kita lakukan? simak amalan-amalan yang dapat dilakukan oleh para wanita.

 

Pada kitab fiqih Taqrib dari penulis Imam Abu Syuja’ menerangkan terdapat 8 amalan yang dilarang untuk dikerjakan oleh wanita yang sedang kedatangan haid. Yaitu, salat, puasa, membaca kitab suci Al-Qur’an, menyentuh serta membawa mushaf Al-Qur’an, masuk ke dalam masjid, thawaf, jima’ serta main di sekitar organ kewanitaan.

 

Memang, amalan-amalan tersebut tak dapat dilakukan wanita ketika sedang menstruasi. Akan tetapi, tidak pula seorang wanita yang sedang ‘Datang Bulan’ tidak dapat melakukan ibadah atau melipatgandakan pahala di bulan suci ini. Oleh sebab itu, inilah Amalan wanita haid saat Ramadhan tiba.

 

Sedekah di Waktu Subuh 

Amalan wanita haid saat Ramadhan yang pertama ialah melakukan sedekah di waktu subuh. Maksudnya, setelah mereka yang berpuasa telah melakukan sahut, silahkan melakukan sedekah saat subuh agar hari tersebut menjadi berkah.

 

Adapun jenis-jenis dari sedekah di waktu subuh itu seperti, memberi makanan kepada kucing-kucing liar yang hidup di jalan, atau memberi makanan kepada makhluk hidup lainnya. Sebab, di waktu subuh akan turun dua malaikat ke bumi untuk mendoakan orang-orang yang terbagun di pagi hari.

 

Oleh sebab itu, meskipun kita sedang tidak haid, selepas salat subuh, hendaknya kita tidak tidur. Sebagai gantinya lakukan berbagai macam kegiatan yang bermanfaat seperti berdoa atau melakukan amalan-amalan lainnya.

 

Mempersiapkan Hidangan Untuk Berbuka 

Amalan yang kedua ialah mempersiapkan hidangan untuk orang-orang yang hendak berbuka. Ini salah satu amalan yang kerap dilakukan oleh para ibu-ibu entah itu mereka tengah berpuasa ataupun tidak.

 

Ternyata, amalan ini memiliki nilai setara dengan orang yang sedang berpuasa lho. Hal ini telah di jelaskan oleh Rasulullah yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. Isi dari hadist tersebut ialah:

Zaid bin Khalid Al Juhani, beliau berkata Rasulullah pernah bersabda: “Barangsiapa yang memberi makan orang-orang yang sedang berbuka puasa, maka dia akan mendapatkan pahala seperti orang yang tengah berbuka tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun.”

 

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi Sobat Lia yang sedang mengalami menstruasi di bulan suci Ramadhan untuk melakukan amalan baik seperti ini dengan menyiapkan hidangan berbuka untuk keluarga, atau untuk orang-orang yang membutuhkan.

 

Mencari Ilmu 

Amalan selanjutnya ialah mencari ilmu. Memang, mencari ilmu tidak memiliki batasan apapun entah itu tua ataupun muda, laki-laki ataupun perempuan, Oleh karena itu, dengan melakukan amalan mencari atau memperkaya wawasan kita di bulan Ramadhan, dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

 

Hal ini sejalan dengan hadist yang diriwayatkan oleh HR Muslim. Rasulullah pernah bersabda: “Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah SWT akan menunjukan jalan menuju surga.”

 

Banyak Membaca Dzikir 

Amalan wanita haid saat Ramadhan yang dapat dilakukan selanjutnya ialah dengan memperbanyak dzikir dan mengagungkan nama Allah SWT. Dzikir itu sendiri ialah suatu amal ibadah yang dianjurkan kepada siapapun dan juga kapanpun tanpa ada batasannya.

 

Seorang wanita haid dapat mengucapkan beberapa kalimat-kalimat Thayyibah, contohnya; tahmid, tasbih, takbir, tahlil, dan dzikir lainnya. Tak hanya itu saja, seorang wanita haid juga dapat mengikuti beberapa majelis-majelis dzikir serta melakukan shalawat.

 

Memperbanyak Shodaqah

Amalan yang terakhir ialah dengan memperbanyak shadaqah. Jika diawal melakukan sedekah di waktu subuh, maka amalan ini dapat dikerjakan kapan saja. Ada berbagai macam cara untuk memperbanyak shadaqah.

 

Adapun contoh-contoh shadaqah yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang menstruasi saat Ramadhan ialah memberi santunan kepada kaum fakir dan miskin, menyantuni anak yatim, dan sedekah-sedekah lainnya.

 

Itulah 5 amalan wanita haid saat Ramadhan yang dapat dilakukan. Tak hanya 5 amalan ini saja, semua hal-hal yang terpuji pun dapat Sobat Lia lakukan ketika sedang mengalami menstruasi dan tak dapat menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.***


Nah, untuk Sobat Lia yang sedang menjalankan suatu bisnis atau usaha, silahkan Klik Disini agar mengetahui strategi-strategi bisnis yang perlu dilakukan agar dapat mengembangkan usaha yang sedang kita lakukan.


(by. Ami)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar