Senin, 06 Maret 2023

4 Keuntungan Menggunakan Sudut Pandang Orang Ketiga Dalam Cerita


 

ASSALAMU’ALAIKUM! Setelah sebelumnya kita membahas tentang apa saja keuntungan yang didapat oleh penulis saat menggunakan sudut pandang orang pertama, kini kita akan membahas keuntungan menggunakan sudut pandang orang ketiga.

 

Sebelum kita membahas keuntungan menggunakan sudut pandang orang ketiga, mari kita ingat kembali pengertian dari POV ke 3 ini. Sudut pandang orang ketiga ialah suatu cara penceritaan dimana para penulis berada diluar cerita, serta menyebutkan si tokoh dengan nama-nama mereka atau menggunakan kata ganti orang ketiga.

 

Biasanya dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga, para penulis dapat leluasa berpindah-pindah dari sudut pandang karakter satu ke karakter yang lainnya. Sehingga, setiap penulis yang menggunakan sudut pandang ini, lebih bebas untuk memberikan beragam informasi yang hendak mereka berikan kepada para pembacanya.

 

Jadi, dapat dikatakan penulis yang menggunakan sudut pandang ini disebut juga sebagai orang yang serba tahu setiap keadaan para tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut. Oleh sebab itu, mari kita cari tahu apa saja keuntungan menggunakan sudut pandang orang ketiga saat membuat suatu cerita.

 

Penulis Merupakan si Pemilik Suara Otoritas

Seperti yang telah diulas secara singkat di atas, penulis yang menggunakan sudut pandang orang ketiga ini disebut sebagai si yang paling tahu atau orang yang serba tahu. Oleh karenanya, penulis dapat menjadi pemnadu tunggal yang memiliki sifat otoriter, namun juga berwibawa serta dapat dipercaya untuk membawakan sebuah cerita.

 

Sebab itulah, penulis yang menggunakan POV ini dapat menuntun para pembaca untuk mengarahkan kemana langkah yang hendak dituju atau yang diinginkan oleh si penulis. Selain itu, si penulis juga dapat membaca isi hati dari para si tokoh yang ada di cerita tersebut.

 

Membantu Para Pembaca Menjelajahi Cerita yang Tidak Diketahui oleh Tokoh

Keuntungan berikutnya ialah mampu membantu para pempaca untuk mengeksplorasi bagian-bagian yang terdapat dalam cerita dimana tokoh-tokoh tidak akan mampu mendengar atau melihat bagian dari certia tersebut.

 

Oleh sebab itu, dengan menggunakan POV orang ketiga ini, sangat cocok untuk dipakai jika penulis memiliki jumlah tokoh cerita yang banyak dengan alur yang cukup rumit, penuh penjelajahan hingga cerita yang begitu kompleks.

 

Salah satu contohnya seperti novel fantasi karya J.R.R Tolkien yaitu The Lord of the Ring dimana penulis cerita tersebut memanfaatkan sudut pandang orang ketiga si serba tahu ini dengan menunjukkan dunia yang begitu menakjubkan.

 

Dapat Memberikan Pengetahuan kepada Pembaca Tanpa Ada Kekhawatiran

Dengan menggunakan sudut pandang ini, penulis dapat mengakses serta memberitahu segala informasi serta elemen-elemen penting tentang para tokoh kepada para pembaca. Oleh sebab itu, keuntungan ini tidak mungkin di dapat jika penulis menggunakan POV orang pertama ataupun kedua.

 

Para pembaca pasti dapat melihat segala hal yang mereka perlukan agar dapat memahami konsep dari suatu cerita yang sedang ia baca tanpa terlihatnya pembiasan.

 

Dapat Mengeksplorasi Perspektif dari Para Tokoh 

Telah dijelaskan secara singkat di atas, dengan menggunakan POV orang ketiga ini penulis berkedudukan yang serba tahu. Sehingga, penulis dapat memperlihatkan serta mendapatkan akses khsusus untuk mengeksplorasi perspektif dari tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita yang ia buat.

 

Dengan begitu, penulis dapat membagikan pemikiran dari setiap tokoh agar para pembaca dapat memahami karakteristik serta sifat dari setiap tokoh yang terdapat dalam cerita.

 

Demikianlah penjelasan lengkap apa saja keuntungan menggunakan sudut pandang orang ketiga saat membuat cerita. Si penulis yang memiliki kedudukan si serba tahu. Akan tetapi, perlu diingat juga, bahwa si serba tahu disini juga memiliki batasan-batasan khusus agar cerita yang kita buat tetap terlihat menarik oleh para pembaca.***

 

Nih, aku mau kenalin salah satu aplikasi yang dapat memberikan keuntungan yang berlimpah saat melakukan menjalankan bisnis, khususnya bisnis online. Klik Disini untuk dapat mengaksesnya ya!


(by. Ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar