Kamis, 02 Maret 2023

Apa Saja Kelebihan Menggunakan Sudut Pandang Orang Pertama dalam Sebuah Cerita? Cari Tahu Disini Yuk!

 


ASSALAMU’ALAIKUM! Usai kita memahami ragam jenis dari sudut pandang, mari kita bahas keunggulan atau kelebihan menggunakan sudut pandang orang pertama saat membuat suatu cerita.

 

Pada pembahasan sebelumnya, sempat disinggung alangkah baiknya bagi penulis baru untuk menggunakan POV atau sudut pandang orang pertama dalam mengeksekusi ide yang dimiliki. Memangnya, mengapa sih harus menggunakan POV 1? mari kita bahas bersama kelebihan menggunakan sudut pandang orang pertama.

 

Memberikan Kemudahan Bagi Para Pembaca 

Keunggulan yang pertama ialah memberikan kemudahan kepada para pembaca. Mengapa demikian? sebab, jika kita menggunakan sudut pandang orang pertama dalam membuat sebuah cerita, maka para pembaca akan lebih mudah untuk masuk ke dalam cerita atau merasa dekat dengan elemen-elemen yang kita tuliskan.

 

Tak hanya itu saja, para pembaca pasti akan memiliki kontak emosi yang begitu erat pada si tokoh ‘Aku’ sebab mereka pasti merasa bahwa si ‘Aku’ tersebut adalah dirinya. Alhasil, mereka lebih mudah untuk dapat merasa simpati atas kisah dari si ‘Aku’ tersebut.

 

Memberikan Kemudahan Pada Penulis

Tak hanya kepada para pembaca saja. Ternyata penggunakan sudut pandang orang pertama juga memberikan kemudahan bagi penulis itu sendiri lho. Sebab, dalam pikiran si penulis telah terdoktrin “kamu adalah aku, dan aku adalah kamu” selama dirinya menceritakan kisah yang terdapat dalam tulisan tersebut.

 

Jadi, penulis dapat dengan mudah mengungkapkan perasaaan yang sedang dirasakan lewat si tokoh ‘Aku’ tersebut. Selain itu, penulis juga dapat menggunakan gaya bahasanya sehari-hari atau gaya bahasa alamiah dalam menjabarkan ide dalam tulisannya tersebut.

 

Memberikan Penjiwaan yang Lebih Mendalam

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa penulis dapat lebih leluasa mengungkapkan perasaanya lewat tulisannya sendiri. Alhasil, dengan begitu dapat memberikan feel atau penjiwaan yang begitu besar bagi para pembaca.

 

Penulis sudah pasti bisa mengajak para pembaca untuk dapat merasakan apa yang sedang ia jabarkan lewat tulisannya. Selain itu, dengan menggunakan sudut pandang orang pertama struktur penghayatan si tokoh utama akan lebih nyata dan sangat kental.

 

Nah, seperti itulah keunggulan atau kelebihan menggunakan sudut pandang orang pertama dalam sebuah cerita. Jadi, dengan menggunakan POV orang pertama, para penulis baru akan dapat menyampaikan perasaan serta menggambarkan visualisasi dari suatu adergan menjadi lebih nyata.

 

Namun, tidak menutup kemungkinan penulis baru juga boleh menggunakan sudut pandang lainnya dalam menyampaikan gagasan yang mereka miliki di tulisannya Jadi, tergantung selera penulis masing-masing ya!***

 

Oh ya, Sobat Lia yang baru saja mencoba masuk ke dalam dunia bisnis, silahkan coba gunakan Aplikasi TernakAkun ini untuk mengatur strategi pemasaran agar jadi lebih mudah.

 

(by. Ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar