Candi Borobudur Peninggalan Kerajaan Siapa? Cari Tahu Selengkapnya Disini Yuk! - Hai, Assalamu'alaikum Readers

Kamis, 11 Mei 2023

Candi Borobudur Peninggalan Kerajaan Siapa? Cari Tahu Selengkapnya Disini Yuk!

 


ASSALAMU’ALAIKUM! Candi Borobudur peninggalan kerajaan apa ya? Saat berkunjung ke salah satu candi terbesar di dunia ini, Sobat Lia pernah bertanya-tanya seperti itu, bukan? Untuk mengetahuinya, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

Letak Candi Borobudur

Seperti yang telah kita ketahui, candi Borobudur merupakan salah satu kuil terbesar untuk umat Buddha yang ada diseluruh dunia. Candi ini terletak di kawasan Borobudur, Kecamatan, Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

 

Kerajaan Pendiri Candi Borobudur

Dalam buku Sejarah, candi ini mulai dibangun pada tahun 750 M, dan selesai di tahun 842 M. Lalu, Candi Borobudur peninggalan kerajaan apa? Disinyalir, candi ini dibangun oleh kerajaan Mataram kuno oleh Raja Samaratungga dari dinasti Syailendra.

 

Namun, menurut sumber lainnya, Candi ini dibangun pada tahun 770 Masehi, serta selesai di bangun pada tahun 842 Masehi oleh Raja Wisnu dari kerajaan Medang. Akan tetapi, di tahun 928 hingga 1006, candi ini ditinggalkan karena terjadi letusan gunung berapi. Oleh sebab itulah, candi ini sempat menghilang berabad-abad lamanya.

 

Namun di tahun 1418, seorang negarawan dari Inggris yang bernama Sir Thomas Stamford Raffles kembali menemukan candi Borobudur yang terbengkalai saat beliau berkunjung ke wilayah Semarang.

 

Penemuan ini berdasarkan adanya temuan batu ukir yang terletak di sekitaran bukit desa Bumisegara, Karesidenan Magelang. Tumpukan batu yang menjulang seperti bukit ini diyakini sebagai puing-puing dari bangunan candi Budur yang hilang berabad-abad lamanya.

 

Oleh karena itu, Raffles akhirnya memerintahkan Cornelius untuk mengkaji lebih dalam tentang temuannya ini, lalu dilakukannya pembersihan candi mulai tahun 1817, lalu di tahun 1825, dan terakhir di tahun 1835.

 

Selain dilakukan pembersihkan oleh Cornelius, Th, Can Erp juga sempat melakukan pembersihan atau pemugaran candi Borobudur mulai tahun 1907 sampai 1911. Tujuan dari pemugaran ini ialah untuk mengembalikan bentuk dari candi Borobudur serta mengembalikan fungsi dari candi tersebut.

 

Tak hanya itu saja, saat Indonesia telah merdeka, Candi Borobudur juga kembali dibersihkan dan ditata kembali oleh pemerintah Indonesia yang bekerjasama dengan UNESCO, hingga akhirnya UNESCO telah mengakui Candi Borobudur sebagai salah satu warisan dunia dari Indonesia.

 

Struktur Candi Borobudur

Candi terbesar di dunia ini mempunyai 3 struktur besar yang diberdakan menjadi Kamadhatu, Rupadhatu, serta Arupadhatu.

 

Kamaradhatu atau Kaki Candi 

Kamaradhatu atau Kaki Candi ini merupakan bagian paling bawah dari candi. Adapun bagian ini melambangkan kehidupan manusia yang penuh dengan hawa nafsu, dosa, hingga keburukan.

 

Terdapat banyak sekali tumpukan batu yang berfungsi sebagai penopang badan candi. Selain itu, di bagian ini juga terdapat sekitar 160 relief yang menjabarkan tentang hukum sebab akibat yang disebut sebagai Marmawibhangga Sutra.

 

Rupadhatu atau Tubuh Candi 

Struktur yang kedua ialah Rupadhatu atau biasa disebut sebagai tubuh candi. Bagian ini menggambarkan dimana kehidupan dari manusia yang terbebas dari hawa nafsu. Meskipun telah terbebas dari hawa nafsu, namun manusia masih terikat dengan urusan duniawi.

 

Di bagian ini terdapat susunan empat teras yang membentuk bangunan persegi. Selain itu, di bagian dinding dari Rupadhatu terdapat hiasan-hiasan relief.

 

Arupadhatu atau Atas Candi

Struktur yang terakhir ialah Arupadhatu atau atas candi. Bagian ini menggambarkan kehidupan spiritual tertinggi dari kehidupan. Dimana manusia telah terlepas sepenuhnya dari urusan duniawi.

 

Adapun tingkat teratas ini menjadi simbol bagi Sang Buddha karena telah mencapai kesempurnaan yang hakiki. Secara keseluruhan terdapat sekitar 504 patung Buddha yang terlihat sedang meditasi dimana enam posisi tangannya tampak berbeda-beda.

 

Itulah jawaban serta ulasan singkat tentang Candi Borobudur peninggalakan kerjaaan Mataram Kuno, serta menjadi kuil terbesar bagi umat Buddha di dunia.***

 

(by. Ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar