Makanan Indonesia yang Mendunia! Ada Apa Aja Sih? - Hai, Assalamu'alaikum Readers

Rabu, 10 Mei 2023

Makanan Indonesia yang Mendunia! Ada Apa Aja Sih?

 


ASSALAMU’ALAIKUM! Sebagai negara multikultur, Indonesia selalu berhasil saat menarik perhatian masyarakat luar negeri dari bidang apapun, termasuk urusan makanan. Dewasa ini, terdapat beberapa makanan Indonesia yang mendunia. Memangnya ada apa saja sih? Yuk, cari tahu daftarnya di bawah ini!


Rendang 

Makanan yang satu ini pastinya sudah tak asing lagi di telinga kita, khususnya bagi para pecinta masakan Padang. Di daftar pertama makanan Indonesia yang mendunia, sudah pasti ditempati oleh Rendang.

 

Mengutip dari beberapa sumber terpercaya, di tahun 2011 lalu, Rendang dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia versi World’s 50 Delicious Food. Tak hanya itu saja, makanan yang dimasak menggunakan bahan dasar daging sapi ini juga telah diakui sebagai makanan khas Indonesia oleh UNESCO.

 

Rasanya yang khas, dan kaya akan bumbu rempah ini pastinya sangat disukai oleh masyarakat dari negara manapun. Jadi, tidak heran jika Rendang mendapati posisi pertama sebagai makanan Indonesia yang sangat mendunia.

 

Nasi Goreng 

Di urutan kedua ada nasi goreng, makanan sejuta umat baik di waktu pagi, bahkan di malam hari. Nasi Goreng menemani Rendang masuk ke dalam jajaran 50 makanan terenak dunia pada tahun 2011. Di tahun yang sama, makanan yang satu ini juga telah diakui oleh UNESCO sebagai kuliner dari Indonesia.

 

Bahkan, Nasi Goreng selalu menjadi menu andalan utama saat ada artis-artis luar negeri yang manggung di Indonesia, dan ingin sekali mencicipi apa saja makanan khas dari negara ini. Jadi, tidak heran kan kalau makanan familiar ini menjadi makanan Indonesia terbaik yang mendunia.

 

Pisang Goreng

Tak hanya makanan utama atau main course saja yang masuk ke dalam jajaran makanan terenak dunia. Ternyata, Pisang goreng juga termasuk ke dalam daftar makanan Indonesia yang mendunia lho.

 

Hebatnya, jajanan yang paling merakyat ini telah diakui sebagai cemilan goreng terbaik di dunia versi Taste Atlas, mengalahkan cemilan terkenal seperti, donat dari AS hingga Churros dari Spanyol. Bagi Sobat Lia yang menyukai pisang goreng, patut berbangga hati nih. Karena jajanan yang satu ini terkenal sangat murah di negara kita.


Sate 

Siapa yang tidak kenal sate? makanan asli pulau Madura ini ternyata juga termasuk ke dalam jajaran makanan Indonesia yang sangat terkenal juga lho. Masakan yang ditusuk dengan lidi dari bambu ini selalu menjadi menu andalan bagi para turis asing saat melipir ke Indonesia.

 

Ada alasan mengapa Sate masuk ke dalam daftar ini. Selain harus dibakar, ternyata saus kacangnya inilah alasan utama mengapa sate disukai oleh masyarakat dunia. Tak hanya itu saja, terdapat banyak daging yang bisa dijadikan sebagai sate. Seperti, daging sapi, kambing, kelinci, hingga daging lainnya.

 

Tempe 

Di Indonesia tempe merupakan salah satu sumber protein nabati yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya yang jauh lebih murah, ternyata tempe dapat menjadi pengganti sumber protein hewani yang diperlukan oleh tubuh.


Makanan yang dibuat melalui proses fermentasi ini juga telah mendunia sebagai salah satu sumber protein yang diperlukan oleh masyarakat vegan yang anti mengkonsumsi daging.


Bahkan, di Amerika Serikat terdapat beberapa pabrik pembuat tempe meskipun para pengolahnya tidak pernah datang ke Indonesia.


Lumpia 

Makanan Indonesia yang mendunia terakhir ialah Lumpia. Makanan ini memang tidak termasuk ke dalam jajaran makanan terbaik dunia. Namun, jajanan khas Semarang ini berhasil diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Indonesia di tahun 2014 lalu.

Hidangan super enak dan murah ini juga telah mendunia sebab bentuknya yang unik, serta isian di dalamnya yang kaya akan vitamin dan juga protein. Selain enak, ternyata beberapa orang menganggap mengkonsumsi Lumpia cukup menyehatkan.


Itulah 6 daftar makanan Indonesia yang mendunia. Sebagai masyarakat Indonesia, kita patut berbangga hati karena beberapa makanan dari negara kita banyak disukai dan begitu di kenal oleh masyarakat dunia.***


(by. Ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar