5 Daftar Platform Untuk Menulis Novel Bagi Pemula! Bisa Menghasilkan Cuan Juga Lho! - Hai, Assalamu'alaikum Readers

Rabu, 08 Februari 2023

5 Daftar Platform Untuk Menulis Novel Bagi Pemula! Bisa Menghasilkan Cuan Juga Lho!

 


ASSALAMU’ALAIKUM! Ingin berpenghasilan dengan cara menulis cerita fiksi? simak 5 daftar platform untuk menulis novel yang pas bagi pemula. Dalam satu bulan bisa menghasilkan puluhan juta rupiah lho!

 

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, eksistensi dari perusahaan penerbit mulai berkurang peminatnya semenjak kemunculan platform membaca online. Selain karena masalah lingkungan hidup, beberapa penulis merasa bahwa menerbitkan karya secara cetak memiliki pendapatan yang sangat tipis.

 

Oleh sebab itu, kemunculan berbagai macam platfrom membaca sukses menarik minat para penulis serta pembaca untuk menyalurkan hobinya. Khusus bagi penulis pemula yang masih bingung dimana harus mempublikasikan naskah yang telah dibuat, inilah 5 daftar platform untuk menulis novel yang dapat mendatangkan cuan.

 

1. Noveltoon

Daftar platform untuk menulis novel yang pertama ialah noveltoon. Platform ini pasti sudah tidak asing lagi ya buat para penulis serta pembaca. Noveltoon adalah suatu platform membaca yang telah ada sejak tahun 2019 lalu yang memiliki puluhan juta pengguna.

 

Terdapat beragam genre yang diperbolehkan terbit di platform ini. Mulai dari romansa, sci-fic, thriller, horror, dll. Tak hanya itu saja, jika mempublikasikan tulisan disini, kamu berkesempatan memiliki penghasilan lho. Selain itu, disini juga sangat mudah untuk menemukan pembaca. Jadi, novelmu akan mudah untuk dikenal oleh para pembaca.

 

2. Dreame

Platform yang kedua ialah Dreame. Dreame telah dikenal sebagai salah satu platform haluan bagi penulis wattpad untuk mendapatkan penghasilan dari menulis. Sebab, platform ini memberikan kesempatan yang sangat besar bagi penulis untuk menghasilkan ratusan dollar hanya dengan menulis cerita fiksi.

 

Saat ini, dreame juga memiliki begitu banyak anak perusahaan yang serupa seperti Innovel yang khusus mempublikasikan cerita dalam bentuk bahasa Indonesia.  Jika kamu memiliki begitu banyak pengikut di akun media sosial ataupun wattpad, kesempatanmu untuk dilirik oleh editor Dreame akan semakin besar!

 

3. KBM (Komunitas Bisa Menulis)

KBM atau Komunitas Bisa Menulis ini awalnya hanyalah sebuah komunitas menulis yang ada di media sosial Facebook yang digawangi oleh Isma Alamsyah. Namun, lambat laun komunitas ini menjadi aplikasi menulis yang mampu menghasilkan uang!

 

Bila kamu ingin memasukkan karyamu di aplikasi ini, ada baiknya pilihlah genre yang mengisahkan tentang rumah tangga. Sebab, mayoritas pembaca di platform ini ialah para ibu-ibu rumah tangga.

 

Jika ingin mendapatkan penghasilan dari sini, para penulis harus mampu mengaktifkan monetize. Dengan begitu secara otomatis cerita tersebut akan terkunci sendiri dari bab 8. Untuk pembagian royalty, para penulis akan mendapatkan sekitar 30% dari total koin. Sangat menjanjikan bukan?

 

4. Good Novel

Daftar platform untuk menulis novel selanjutnya ialah good novel. Platform yang berbasis di Singapura ini menerima novel dengan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris. Jika ingin mencoba memasukkan naskah disini, kamu wajib menyetor sekitar 5 ribu kata untuk pengajuan kontrak.

 

Setelah itu, novel tersebut akan diperiksa oleh editor in house apakah novel tersebut layak atau tidak untuk diajukan ke pihak pusat. Di good novel terdapat dua kontrak, yaitu kontrak eksklusif dan non eksklusif. Sayangnya, persaingan untuk mendapatkan kontrak eksklusif cukup sulit ditembus jika naskahmu masih memiliki banyak kesalahan.

 

5. Novelme

Platform yang terakhir ialah Novelme. Pada awalnya novelme hanyalah plaform baca gratis yang hampir sama seperti wattpad. Namun, sejak bulan Juli 2019, platform ini mulai mengunci beberapa novel yang menjadi favorit para pembaca disana.

 

Untuk membaca novel tersebut, para pembaca harus membeli bab tersebut menggunakan koin. Hasil dari koin tersebut akan diakumulasikan sehingga para penulis akan mendapatkan bayaran dari bab terkunci tersebut.

 

Bila penulis ingin mendapatkan penghasilan dari platform ini, penulis harus mengajukan kontrak dengan syarat harus memiliki 30 subscriber. Jika ingin mengunci bab, syaratnya harus memiliki 100 subscriber. Meskipun tidak mudah, namun setelah berhasil kunci bab, platform ini akan memberikan bonus teraktif bulanan yang sesuai dengan level penulisnya.

 

Itulah 5 daftar platform untuk menulis novel yang cocok bagi para pemula. Jika ingin mendaftar, tanyakan secara jelas kepada para editor masing-masing platform agar naskahmu lolos ya! selamat mencoba.***

 

Bagi pemilik usaha yang masih bingung dalam hal promosi, silahkan klik Aplikasi Ini untuk mendapatkan kemudahan dalam menarik konsumen.

(by. Ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar