Senin, 13 Februari 2023

Apa Itu Cliffhanger Dalam Novel? Cari Tahu Disini Yuk!


 

ASSALAMU’ALAIKUM! Sobat Lia ada yang pernah mendengar istilah Cliffhanger dalam novel? Bagi yang belum tahu, wajib banget baca artikel di bawah ini. Yuk, simak penjelasan selengkapnya apa itu cliffhanger.

 

Saat mendengar kata Cliffhanger, mungkin yang ada di pikiran Sobat Lia semua ialah pinggir tebing ataupun jurang. Hal tersebut memang tidak salah sama sekali. Sebab, Cliffhanger dalam novel juga dapat diartikan persis seperti itu. Namun, apasih hubungan antara Cliffhanget dengan cerita novel? langsung scroll ke bawah ya!

 

Cliffhanger Pada Novel

Hubungan antara Cliffhange dengan novel ini dapat dikatakan sebagai salah satu trick yang dilakukan penulis untuk cerita yang dibuat. Seperti makna sebenarnya, cliffhanger pada novel sengaja dibuat agar pembaca merasa penasaran dan selalu menunggu kelanjutan dari cerita tersebut.

 

Pada umumnya, cliffhanger ini digunakan oleh penulis saat membuat bagian akhir atau tahap ending dari sebuah cerita. Sobat Lia pasti pernah membaca suatu cerita dengan ending yang menggantung? nah, penulis dari cerita tersebut sedang menerapkan trik dari cliffhanger.

 

Penggunaan cliffhanger di akhir sebuah cerita memiliki tujuan agar pembaca dapat menyimpulkan sendiri ending seperti apa yang mereka inginkan. Selain itu, cliffhanger juga dapat digunakan jika penulis tengah menggarap novel trilogy atau novel berseri. Hal ini dimaksudkan agar para pembaca tidak sabar untuk menantikan kelanjutan dari kisah tersebut.

 

Akan tetapi, Cliffhanger ini juga bisa lho digunakan pada setiap bab dalam sebuah novel. Jika Sobat Lia ingin mendapat pembaca setia yang selalu mengikuti novel yang sedang dibuat, simak tips saat menggunakan cliffhanger dalam novel ya.

 

Membuat Cliffhanger Pada Setiap Bab 

Agar para pembaca tetap setia membaca novel yang sedang kita buat, gunakan metode cliffhanger di akhir setiap bab. Gunakanlah situasi yang cukup menegangkan, menakutkan, menciptakan sebuah keterkejutan ataupun memunculkan bahaya pada si tokoh tersebut.

 

Untuk memahami bagaimana cara menggunakan cliffhanger di akhir bab, simak contoh berikut ini:

“Dengungan suara itu terdengar semakin jelas di kedua telinga Helios. Derap langkah kaki lelaki remaja ini perlahan terhenti saat siluet dari 2 orang dewasa itu tertangkap indra penglihatannya.

 

Helios sengaja mempertajam indra pendengarnya dan mencoba bersembunyi dibalik dinding yang memisahkan tempatnya saat ini dengan kedua orang yang sedang berbicara tersebut.

 

Dengan nafas yang memburu, Helios mencoba untuk mencuri dengar perbincangan yang sedang dibahas oleh mereka di tempat tersembunyi seperti ini.

 

“Eksekusi nanti malam saat anak muda itu sudah terlelap tidur.”

 

Helios mengernyitkan keningnya bingung saat mendengar ucapan dari salah satu orang diantara mereka. Apa yang hendak dieksekusi? siapa anak muda yang dimaksud oleh mereka? apakah itu dirinya?”

 

Nah, seperti itulah cara membuat Cliffhanger dalam novel agar para pembaca tetap setia dan menanti kelanjutan dari cerita yang dibuat. Setelah mengetahui caranya, coba praktekkan sendiri pada novel yang sedang digarap ya!***

 

Untuk Sobat Lia yang sedang bingung atau memiliki kendala dalam promosi bisnis, silahkan Klik Disini untuk mendapatkan trik khusus agar mengetahui strategi marketing yang tepat dalam mengelola bisnis. 

(by.Ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar