Perbedaa Blurb dan Sinopsis Itu Seperti Apa Sih? Simak Selengkapnya Disini! - Hai, Assalamu'alaikum Readers

Senin, 20 Februari 2023

Perbedaa Blurb dan Sinopsis Itu Seperti Apa Sih? Simak Selengkapnya Disini!

 


ASSALAMU’ALAIKUM! Ada yang tahu apa perbedaan blurb dan sinopsis? ataukah selama ini Sobat Lia berpikir bahwa blurb ialah nama lain dari sinopsis sebab artinya sama-sama ringkasan cerita? Bagi yang belum tahu, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

Saat kita hendak membaca novel atau cerita fiks, sebagai pembaca pasti kita akan melirik terlebih dahulu ringkasan cerita singkat dari cerita yang hendak kita baca. Biasanya, kita sering menyebutnya sebagai sinopsis. Padahal sebenarnya istilah tersebut bukanlah sinopsis lho. Lalu, perbedaan blurb dan sinopsis itu apa sih? yuk, kitab bahas bersama.

 

Perbedaan Blurb dan Sinopsis

Sebelum kita membahas lebih detail perbedaan antara blurb dan sinopsis, mari kita ulas pengertian dari kedua istilah tersebut bersama-sama. Pengertian dari Blurb ialah suatu deskripsi yang biasa terdapat di belakang novel. Blurb sendiri biasanya berisi gambaran dari novel tersebut tanpa menceritakan ending dari cerita tersebut.

 

Sedangkan pengertian sinopsis berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) merupakan ringkasan cerita yang isinya ialah meliputi cuplikan dari seluruh adegan yang terdapat di dalam cerita.

 

Jika melihat dari pengertian antara Blurb serta Sinopsis, sudah terlihat dengan jelas ya perbedaan antara dua istilah tersebut. Nah, selanjutnya mari kita lihat berdasarkan tujuan pembuatan dari keduanya.

 

Tujuan pembuatan blurb itu tentu saja berkaitan dengan promosi atau istilah kasarnya, strategi marketing yang sengaja dibuat agar para pembaca memiliki gambaran dari novel atau cerita yang hendak dibaca.

 

Kemudian, tujuan dari pembuatan sinopsis itu sendiri bisanya digunakan ketika hendak mengajukan naskah cerita yang telah dibuat kepada penerbit. Oleh sebab itu, isi dari sinopsis biasanya bersifat rahasia yang hanya diketahui antara pihak penerbit serta penulis saja.

Untuk lebih jelasnya, simak contoh singkatnya berikut ini agar Sobat Lia dapat membedakan secara spesifik dan lebih jelas antara Blurb serta sinopsis dari sebuah cerita.

 

Contoh dari Blurb

Adapun minimal kata yang dibuat untuk blurb antara 50 sampai 150 kata. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak contoh dari blurb yang dikutip dari salah satu karya Lia Reza Vahlefi yang judulnya Kembali Membawa Luka atau Harapan

Ketika Daniel berhasil ditangkap sebagai buronan, lelaki itu merasa kecewa ketika dirinya mengetahui sebuah fakta bahwa Nafisah lah yang menjebaknya ke dalam penjara.

Mengetahui hal ini, Daniel tak tinggal diam. Ia membalas perbuatan sang istri dengan cara menyuruhnya untuk tidak menemuinya selama masa kurungan yang telah ditetapkan oleh Hakim.

2 tahun 8 bulan tak bertemu dengan suami tercinta tentu saja tidak mudah bagi Nafisah. Sampailah hari dimana, Daniel bebas dari penjara dan pulang ke rumah. Pada awalnya Daniel mengira semua akan membaik setelah masalalu yang buruk itu.

Tetapi mengapa di saat ia mulai memaafkan Nafisah, Daniel mendapati kenyataan pahit kalau Nafisah telah memiliki anak dari pria lain.

 

Contoh dari Sinopsis

Setelah kita menyimak bersama-sama contoh dari blurb, selanjutnya mari kita simak salah satu contoh sinopsis. Dalam sinopsis biasanya tak ditentukan berapa kata yang harus dipersiapkan. Jadi, sesuai dengan isi dari cerita yang dibuat.

Untuk lebih jelasnya, simak contoh pembuatan sinopsis singkat di bawah ini ya!

 

Helena, sosok gadis berusia 21 tahun yang memiliki hubungan tidak baik dengan ayah beserta kakak pertamanya. Kedua orang tuanya bercerai sebab sang ayah ketahuan selingkuh dengan wanita lain. Sedangkan kakak pertamanya memilih percaya dengan sang Ayah dan membuat Helena semakin membenci mereka berdua.

 

Akibat rasa kecewa yang begitu besar dari dua orang lelaki yang paling dekat dalam hidupnya, membuat gadis ini tidak pernah mempercayai laki-laki manapun. Hingga suatu hari dirinya bertemu dengan seorang pria di kampus yang mencoba dan berusaha sekuat mungkin untuk mendekati dirinya.

 

Jeffrian namanya. Sosok lelaki playboy mahasiswa hukum yang menjadi incaran semua wanita di kampus. Mendapatkan sosok Helena si wanita ‘tak tersentuh’ merupakan tantangan tersendiri untuk lelaki tampan ini.

 

Berbagai usaha dan upaya dicoba oleh Jeffrian. Namun sayang, sekuat apapun ia mencoba, Helena tetap tidak bisa ia dapatkan dengan mudah. Terlebih saat Helena tahu bahwa Jeffrian memiliki hubungan dengan anak tiri dari ayah kandungnya. Helena semakin membenci sosok Jeffrian yang membuat lelaki ini dibuat frustasi.

 

Sampai suatu hari, secara tidak sengaja Jeffrian mengetahui sebuah rahasia paling besar yang selalu disembunyikan oleh gadis itu perihal hancurnya keluarganya. Ibu dari Helena mengalami gangguan jiwa yang disebabkan oleh ayah gadis itu yang selingkuh dengan wanita lain.

 

Ditambah kakak keduanya yang meninggal secara tragis akibat kelakuan selingkuhan dari ayahnya sendiri. Sang kakak pertama yang berprofesi sebagai jaksa memilih untuk menutup kasus kematian adiknya yang membuat Helena bersumpah untuk tidak pernah memaafkan kedua lelaki tersebut.

 

Darisana Jeffrian paham, mengapa Helena sangat sulit untuk didekati hingga mendapat julukan ‘gadis tak tersentuh’. Jeffrian pun akhirnya memilih untuk membantu Helena membuka kembali kasus tersebut serta berusaha menyembuhkan rasa trauma yang dialami gadis itu.

 

Mendapat bantuan seperti itu, membuat Helena sedikit membuka hati untuk mempercayai lelaki itu. Lambat laun, melihat kesungguhan serta ketulusan Jeffrian yang membantunya, membuat perasaan Helena goyah. Untuk pertama kalinya, ia dibuat jatuh cinta kepada sosok lelaki yang dengan tulus menolong dirinya.

 

Sampai pada akhirnya, kasus tersebut pun selesai. Helena berhasil menjebloskan selingkuhan sang Ayah ke dalam penjara. Disaat itu pula Jeffrian memberanikan diri untuk mengungkapkan kesungguhan hatinya kepada Helena.

 

Meskipun Helena juga memiliki perasaan yang sama, Sayangnya Helena menolak perasaan tersebut dengan berkata bahwa dirinya akan meneruskan pendidikannya diluar negeri untuk memulai hidup yang damai.

 

Setelah membaca ulasan di atas yang disertai dengan contohnya, Sobat Lia pasti sudah tahu kan perbedaan Blurb dan Sinopsis secara keseluruhan? Bagi Sobat Lia yang ingin terjun ke dunia penulisan, ayo latih dirimu untuk membuat blurb serta sinopsis di rumah ya!***

 

Masih bingung harus menggunakan strategi apa untuk memulai bisnis? Langsung saja Klik Disini untuk mengetahui informasi selanjutnya!


(by. Ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar