Rabu, 15 Maret 2023

6 Rekomendasi Makanan Sahur Agar Kuat Puasa Seharian! Ada Apa Saja?

 


ASSALAMU’ALAIKUM! Inilah 6 daftar rekomendsi makanan sahur agar kuat puasa seharian. Ada apa saja?

 

Sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan. Pada bulan tersebut, sebagai umat muslim yang taat, kita diwajibkan untuk berpuasa satu bulan penuh. Meskipun kita sedang melakukan ibadah puasa, tentu saja kita harus mengkonsumsi berbagai makanan bergizi agar kuat puasa satu hari penuh.

 

Melansir dari salah satu situs resmi kesehatan yaitu hellosehat.com, terdapat beberapa makanan sahur agar kuat puasa seharian nih. Ingin tahu apa saja rekomendasi makanan agar gizi terpenuhi selama bulan puasa? yuk, simak daftarnya di bawah ini.

 

Beras Merah

Makanan sahut agar kuat puasa seharian yang pertama ialah beras merah. Beras yang memiliki warna ungu kehitaman ini ialah salah satu sumber pati yang dapat menjadi energi. Tak heran, bahwa beras merah sangat baik untuk dikonsumsi ketika sahur karena memiliki nilai serat yang jauh lebih tinggi dibanding beras biasa.

 

Beras merah juga tak mengalami proses penggilingan yang membuat beras ini memiliki kulit ari dengan nilai serat yang sangat besar. Selain itu, kulit dari beras merah ini juga mempunyai berbagai macam jenis mineral seperti; magnesium, zink, kalium, kalsium hingga zat besi.

 

Sup Sayur 

Rekomendasi yang kedua ialah sup aneka sayur. Mengapa demikian? sebab, sup dapat memberikan asupan cairan yang membuat tubuh kita terhindar dari resiko dehidrasi ketika berpuasa. Tak hanya itu saja, sayuran yang terdapat dalam sup tersebut juga pasti mempunyai beragam gizi seperti vitamin, mineral, hingga serat yang sangat diperlukan tubuh.

 

Salah satu studi yang diterbitkan oleh PloS ONE di tahun 2013 lalu menjabarkan, bahwa sup dapat membantu manusia untuk menurunkan nafsu makan ketika menjalankan puasa. Hal ini dikarenakan sup dapat menunda lambung agar tidak kosong. Sebab itulah kita tetap merasa kenyang.

 

Telur

Makanan yang begitu familiar ini sangat cocok sebagai menu makanan sahur agar kuat puasa seharian. Sebab, satu buah telur mempunyai nilai protein yang begitu tinggi. Selain itu, dalam satu buah telur terdapat zat gizi yang dapat mengendalikan ghrelin.

 

Ghrelin itu sendiri ialah hormon pemicu rasa lapar. Alhasil, tubuh kita tetap merasa kenyang dan kuat menjalani puasa satu harian penuh. Telur juga mengandung lemak yang sangat diperlukan untuk pasokan energi agar tidak lemas saat berpuasa.

 

Ikan

Cobalah mengkonsumsi ikan saat sahur agar dapat kuat berpuasa satu harian penuh. Telah kita ketahui bersama, bahwa ikan merupakan sumber protein hewani yang kaya akan vitamin B2, vitamin D, kalsium, fosfor, kalium, hingga yodium.

 

Selain itu, ikan juga kaya akan asam lemak omega3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Omega3 ini juga dapat mengurangi kolesterol hingga tekanan darah yang menjadi penyebab munculnya penyakit jantung.

 

Dada Ayam

Jika Sobat Lia alergi dengan ikan, dapat mengganti sumber protein hewani dengan dada ayam saat sahur. Sebab, dada ayam juga mempunyai kadar protein yang sangat tinggi dibandingkan dengan bagian ayam yang lainnya.

 

Tak hanya itu, dada ayam juga rendah akan lemah, dan menjadi salah satu sumber menu andalan bagi Sobat Lia yang menjalankan diet ketika berpuasa. Karena, protein yang terdapat di dada ayam dapat menjaga massa otot tubuh.

 

Selain itu, dada ayam juga kaya dengan vitamin B12 yang dapat membentuk sel darah merah. Jadi, dengan mengkonsumsi dada ayam, dapat mengurangi rasa lemas ketika berpuasa yang diakibatkan oleh anemia.

 

Buah-Buahan 

Selain sayur dan protein hewani, buah-buahan juga sangat baik dikonsumsi saat sahur. Buah yang disarankan untuk dikonsumsi saat sahur ialah pisang dan juga semangka. Mengapa dua buah itu? mari kita ulas satu per satu.

 

Pisang

Pisang. Buah yang satu ini mengandung gula alami yang dapat mengubah glukosa menjadi energi dengan waktu yang begitu cepat. Jadi, tidak heran bila dengan mengkonsumsi pisang, Sobat Lia dapat kuat berpuasa seharian.

  

Semangka 

Lalu semangka, buah yang memiliki kandungan mineral yang begitu tinggi ini dapat menggantikan cairan dalam tubuh ketika sedang berpuasa. Dalam satu potong semangka yang memiliki berat sekitar 152 gram, terdapat kadar air sebanyak 139 gram. Hal ini sangat membantu tubuh kita untuk terhindar dari resiko dehidrasi.

 

Semangga juga mempunyai kadar gula yang alami sehingga bagi Sobat Lia yang memiliki Riwayat diabetes, sangat aman untuk mengkonsumsi buah semangka saat berpuasa nanti.

 

Itulah 6 daftar rekomendasi makanan sahur agar kuat puasa seharian. Meskipun menjalankan ibadah puasa, namun jangan lupakan berbagai macam gizi yang diperlukan oleh tubuh ya.***


Untuk Sobat Lia yang ingin tahu tips dan juga trik mendatangkan konsumen hanya lewat Aplikasi Marketplace, silahkan gunakan Aplikasi Ternak Akun ini ya!


(by. Ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar