Bacaan Niat Puasa Ramadhan Beserta Pendapat Para Ulama - Hai, Assalamu'alaikum Readers

Rabu, 22 Maret 2023

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Beserta Pendapat Para Ulama


 

ASSALAMU’ALAIKUM! Sebagian besar umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan di mulai esok hari nih. Jika di antara Sobat Lia ada yang lupa seperti apa bacaan niat puasa Ramadhan, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

 

Ketika hendak melakukan ibadah puasa, niat merupakan salah satu rukun yang perlu dilaksanakan oleh seluruh Muslim. Entah itu puasa wajib ataupun sunnah. Sebab, hal ini merupakan salah satu bentuk manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

Terdapat sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ad-Daru Quthni serta Al-Baihaqi, mereka mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah menjelaskan bahwa ketika hendak menjalankan ibadah puasa tanpa membaca niat di malam hari, maka ibadah puasa tersebut dianggap tidak sah.

 

Pendapat Para Ulama 

Dalam pelaksanaannya, ketika hendak menjalankan puasa wajib, seorang muslim harus membaca niat di malam hari tepat sebelum fajar terbit. Hal ini telah dijelaskan dalam Mazhab Syafi’I yang menegaskan bahwa seseorang yang hendak melaksanakan puasa, harus membaca niat setiap hari di bulan suci Ramadhan.

 

Akan tetapi, pada Mazhab Maliki memiliki pendapat yang berbeda. Dalam salah satu buku cendekiawan muslim, Yusuf Al-Qaradlawi dalam bukunya yang berjudul Fiqh al-Shiyam, beliau berpendapat bahwa seorang muslim hanya perlu membaca niat puasa untuk satu bulan penuh di malam pertama pada bulan suci Ramadhan.

 

Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi ketika kita terlupa atau ketiduran sehingga lupa untuk membaca niat puasa. Meskipun begitu, kita perlu membiasakan diri untuk membaca niat puasa setiap malam di bulan suci Ramadhan.

 Tak heran kan, ketika melaksanakan ibadah sholat Tarawih berjamaah di masjid, Sobat Lia selalu mendengar para pembaca doa selalu melafalkan niat sahur setelah membaca doa. Sebab, hal ini dilakukan sebagai bentuk pembiasaan diri.

 

Oleh sebab itu, dalam ulasan kali ini kita akan menjabarkan bacaan niat puasa Ramadhan untuk satu hari, serta untuk satu bulan penuh lengkap bersama artinya.

 

Bacaan Niat Puasa Ramadhan 

1. Niat Puasa Satu Hari 

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’I fardhi syahri Ramadhaana hadzihis sanati lillahi ta’alaa


Artinya, Saya niat melaksanakan puasa esok hari untuk menjalankan kewajiban puasa bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’alaa. 


2. Niat Puasa Satu Bulan Penuh

Nawaitu shauma Jami’i syahri Ramadhani hadzihis sanaati fardhan lillahi ta’alaa

 

Artinya, Saya niat melaksanakan puasa sepanjang bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta’alaa.

 

Demikianlah bacaan niat puasa Ramadhan untuk satu hari dan juga satu bulan penuh, beserta pendapat yang berbeda antara Mazhab Syafi’i, dan Mazhab Maliki. Semoga membantu!***

 

Bagi Sobat Lia yang baru saja membuka usaha atau bisnis, yuk coba Aplikasi Ternak Akun ini untuk mendongkrak penjualan agar lebih meningkat. 

(by. Ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar