Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Lengkap dengan Latin serta Artinya! - Hai, Assalamu'alaikum Readers

Selasa, 11 April 2023

Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Lengkap dengan Latin serta Artinya!

 


ASSALAMU’ALAIKUM! Ini dia bacaat niat sholat idul fitri lengkap yang disertai dengan huruf latin serta artinya. Simak yuk, selengkapnya di bawah ini!

 

Tak terasa hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Setelah berpuasa satu bulan penuh lamanya menahan lapar serta haus, tiba saatnya untuk menyambut hari kemenangan di bulan Syawal.

 

Salah satu rutinitas yang dilakukan di pagi raya adalah melaksanakan sholat ied berjamaah itu. Sebelum hari itu tiba, ada baiknya bagi Sobat Lia mengingat kembali bacaan sholat idul fitri agar tidak salah niat ketika melaksanakan sholat Ied.

 

Tak hanya bacaan niatnya saja, pada artikel ini juga akan mengulas tentang jumlah rakaat, serta waktu pelaksanaanya. Berikut ini penjelasannya.

 

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri serta Jumlah Rakaatnya

Melansir dari situs resmi zakat.or.id, Adapun pelaksanaan dari sholat idul fitri itu sendiri dilaksanakan di pagi hari tepat pada tanggal 1 Syawal. Untuk waktu pelaksanaanya sendiri dilakukan ketika matahari terbit, hingga tibanya waktu sholat dzuhur.

 

Sholat Ied itu sendiri hukumnya ialah Sunnah Muakkad, yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat muslim. Namun, bila ditinggalkan tidak akan mendapatkan dosa.

 

Adapun jumlah rakaat dari sholat Idul Fitri itu sendiri ialah dua rakaat. Hal ini sesuai dengan yang diriwayatkan oleh Imam Nawawi yang terdapat pada kitab Al Majmu’ Syarhul Muhadzdzab yang isinya seperti ini:

 

Sholat Ied terdiri dari dua rakaat yang sesuai dengan perkataan Sayyidina Umar RA. ‘Sholat Idul Adha dua rakaat, sholat Idul Fitri dua rakaan. Sholat Safar dua rakaat, serta sholat Jum’at dua rakaat. Sempura tanpa Qashar atau yang disampaikan melalui lisan dari Rasulullah SAW. Sesungguhnya, sia-sia saja orang yang mengada-ngada.

 

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa jumlah rakaat dari sholat idul fitri itu sendiri ada 2 rakaat yang sesuai dengan perkataan serta anjuran dari Nabi Muhammad SAW.

 

Bacaan Niat Sholat Idul Fitri 

Tentunya seperti sholat lainnya, saat mengerjakan ibadah sholat Ied tentu saja mempunyai niat yang berbeda dengan niat sholat-sholat lainnya. Tentunya bacaan niat untuk seorang Makmum serta Imam mempunyai perbedaa. Berikut bacaannya. 

1. Bacaan Niat Sholat Ied Sebagai Makmum

Ushalli rak’ataiini sunnatan Ii’dil fitri makmukan lillaahi ta’aalaa

Artinya, saya niat sholat sunnah idul fitri 2 rakaat sebagai makmum karena Allah Ta’ala.


2. Bacaan Niat Sholat Ied Sebagai Imam 

Ushalli rak’ataiini sunnatan Ii’dil fitri Imaman lillaahi ta’aalaa

Artinya, saya niat sholat sunnah idul fitri sebagai imam karena Allah ta’ala.


Seperti itulah perbedaan bacaan niat sholat idul fitri sebagai Makmum serta Imam sholat. Letaknya hanya pada perbedaan Makmum serta Imam dalam bacaannya. Semoga bermanfaat.***


Ingin bisnis dikenal luas oleh masyarakat tanpa harus menggunakan ilmu-ilmu sihir? silahkan gunakan Trik Ini sebagai strategi pemasarannya


(by.Ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar